Kamis, 28 Mei 2015

Agritech Exhibition 2015 Unhas Pamerkan Karya Teknologi Pertanian

Selasa, 14 April 2015 20:00

Laporan Wartawan Tribun Timur, Anita Wardana

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR--Berbagai macam hasil teknologi pertanian baik dalam bidang ilmu teknologi pangan maupun bidang mekanisasi dipamerkan di Lapangan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), Selasa (14/4/2015).

Pameran ini pun diikuti sekitar 15 tim dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Jember, dan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta.

Tim dari UNS memamerkan Integrated Composter System (INCOM). Karya dari Frandhoni Utomo, Millatun Nadiah dan Riyadi Muslim ini merupakan alat pembuat kompos terpadu skala rumah tangga.

"Kelebihan dari alat ini dapat menghasilkan dua jenis produk yaitu pupuk organik dan pupuk cair. Dengan menggunakan alumnium foil di alat ini dapat mempercepat proses komposer," kata Frandhoni.

Ia mengatakan alat tersebut diperuntukkan bagi skala rumah tangga karena mudah dibuat, mudah dalam hal pemakaian, serta menghemat ruang dan waktu. Disamping itu, penggunaan bahan kompos yang tidak terlalu besar.

Sementara itu, mahasiswa Unhas juga memamerkan sejumlah alat. Salah satunya yaitu Rekayasa Weeder Cerdas (Cabut Akar dan Gembur Tanah Sampai Tuntas) Penolong Petani Jagung.
Salah satu anggota tim, Muhammad Rusdi menjelaskan, Weeder Cerdas tersebut Weeder Cerdas memiliki dua fungsi yaitu sebagai traktor untuk menggemburkan tanah dan untuk mencabuti tanaman gulma yang dapat mengganggu tanaman jagung.

"Alat ini khusus diperuntukkan bagi tanaman jagung karena Indonesia termasuk Sulawesi Selatan ingin meningkatkan swasembada pangan khususnya tanaman jagung. Dengan alat yang efisien, diharapkan produksi tanaman jagung lebih tinggi," katanya. (*)



0 komentar:

Posting Komentar