Rabu, 03 Juni 2015

Steam Drum



1.      Pengertian dan Fungsi Steam Drum
Drum uap merupakan komponen kunci dalam alam, paksa dan dikombinasikan boiler sirkulasi. Fungsi dari steam drum di boiler subkritis adalah:
a.       mencampur air umpan segar dengan air boiler beredar.
b.      memasokan sirkulasi air untuk evaporator melalui downcomers.
c.       Menerima campuran air / uap dari anak tangga.
d.      memisahkan air dan uap
e.       menghilangkan kotoran.
f.       mengontrol keseimbangan kimiawi air dengan pakan kimia dan blowdown kontinyu.
g.      memasok jenuh uap
h.      menyimpan air untuk perubahan beban (biasanya tidak penyimpanan air yang signifikan)
i.        Bertindak sebagai titik acuan untuk pengendalian air umpan

2.      Prinsip Steam Drum
Prinsip steam drum divisualisasikan pada gambar 1. Feedwater dari economizer memasuki steam drum. Air disalurkan melalui nozel sparger steam drum, diarahkan ke bagian bawah drum dan kemudian melalui downcomers ke header pasokan. Boiler pemulihan ini beroperasi dengan sirkulasi alami. Ini berarti bahwa perbedaan berat jenis antara air downcoming dan air / campuran uap pembakaran di tabung tungku menginduksi sirkulasi air. Internal Drum membantu untuk memisahkan uap dari
air. Semakin besar diameter drum, semakin lebih efisien dalam memisahkan. ukuran dari steam drum sebagian besar didasarkan pengalaman sebelumnya. Sebuah gambar dari uap. Drum penampang ditunjukkan pada gambar 2.
Air dan uap dalam perjalanan steam drum dalam arah yang berlawanan. Air meninggalkan bagian bawah drum ke downcomers dan uap keluar dari atas drum ke superheaters. Ketinggian air normal adalah di bawah garis tengah drum uap dan waktu tinggal biasanya antara 5 dan 20 detik. Sebuah fitur dasar untuk desain steam drum adalah tingkat beban, yang didasarkan pada pengalaman sebelumnya. Hal ini biasanya didefinisikan sebagai jumlah yang dihasilkan dari uap (m3 / h) dibagi dengan volume drum uap (m3). Dihitung dari waktu tinggal di steam drum, tingkat beban volumetrik dapat sekitar 200 untuk waktu tinggal hampir 20 detik di tekanan sekitar 80 bar. Peningkatan tingkat beban volumetrik ketika penurunan tekanan memiliki nilai maksimum sekitar 800. Seperti dapat diketahui dari unit, ukuran drum uap dapat dihitung berdasarkan nilai-nilai ini.

0 komentar:

Posting Komentar